Subscribe:

Pelatihan KBK

Pelatihan KBK oleh Drs. Bustari, M.Pd. (teman kecil Prof. Dr. Ilza Mahyuni, M.Pd.)
NIP. 081267048498
Rumah: Jln. Kampung Tanjung 12 A, Lubuk Begalung. dekat UPI komputer.
Kampung asal: Muaro Labuh

Background:
1. IAIN, pernah kursus Bahasa Inggris di ILS, syahril Kasim, Padang.
2. Pernah kerja di hotel.
3. Hobby: Tour guide, suka baca dan diskusi
4. Ikut pertukaran pemuda di kanada
5. 1984, mulai membuka kursus bahasa Inggris di PGAI.
6. 1988 = Pulang dari Canada
7. Pengajar, perterjemah. Sering mengajar pejabat Gubernur dan Dinas Pendidikan Sumbar

Pendidikan di Indonesia dewasa ini menekankan 40% KNOWLEDGE, 40% SKILL, 20% ATTITUDE.
Pendidikan di negara-negara berkemban, umumnya menekankan 20% knowledge, 40% skill, dan 40% attitude. Mereka tidak melaksanakan Ujian Nasional (kognitif / knowledge)

Knowledge: diperoleh dengan cara membaca, belajar, bertanya, dll.
Skill           : diperoleh dengan cara praktik, latihan
Attitude     : diperoleh melalui nasihat, motivasi.

NOTE: Bagi yang berminat pergi ke Australia, lihat website: http://www.immi.gov.au/
            Gunakan skype untuk komunikasi langsung 

TUGAS UTAMA GURU
1. Menyediakan materi ajar
2. Mengajar
3. Mengevaluasi
4. Follow up (tindak lanjut)

KUALITAS PENDIDIKAN ditentukan oleh:
1. Input
2. Pendidik
3. Sarana prasarana (Misal: ruang belajar punya tv besar, LCD, DVD, laptop, speaker, soundsystem, dll.)
4. Kurikulum

 Gunakan materi ajar bahasa Inggris yang otentik. "Living English/ Real English"


II. Dasar, Fungsi, dan Tujuan Pendidikan (UU No. 20 tahun 2003, Bab II, Psl 2-3)

A. Dasar
Pendidikan nasional berdasarkan Pancasila dan UUD negara RI tahun 1945

B. Fungsi
Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan...

C. Tujuan Pendidikan
D. Visi
Terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua WNI berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah. (pranata = sebelum menata)

Tantangan Zaman
1. Human development index (antar negara/propinsi/Kab/Kota.
2. Akselerasi STS (science, technology, and society)
3. Kolaborasi/kompetisi kekuatan ekonomi/politik
4. Free trade (AFTA-APEC-Globalisasi)
5. Perubahan peta budaya yang berlngsung cepat dan sukar diramalkan.
6. Merebaknya kasus narkoba.

MISI PENDIDIKAN
1. Mengupayakan perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu bagi seluruh rakyat Indonesia.
2. membantu dan memfasilitasi pengembangan potensi anak bangsa secara utuh sejak usia dini sampai akhir hayat dalam rangka mewujudkan masyarakat  belajar.
3. meningkatkan kesiapan masukan dan kualitas proses pendidikan untuk mengoptimalkan pembentukan kepribadian yang bermoral.
4. meningkatkan keprofesional dan akuntabilitas lembaga pendidikan sebagai pusat pembudayaan ilmu pengetahuan,  keterampilan, pengalaman, sikap, dan nilai berdasarkan standar nasional dan global
5. Memberdayakan peran serta masyarakat dalam  penyelenggaraan pendidikan berdasarkan prinsip otonomi dalam kontek negara kesatuan RI.

Pertanyaan Peserta:
Apakah bisa siswa dari pendidikan normal memasuki dunia kerja?

Jawab: Tidak. Sekarang setiap yang melamar kerja mensyarakatkan harus ada ijazah. Ini artinya, sipelamar kerja tidak bisa masuk dunia kerja kalau dia tidak mengikuti pendidikan formal.

Guru harus mempelajari psychology pendidikan:
1. Harus disukai siswa
2. Sibukkan siswa belajar, dan menyenangkan.
    ECAFE Learning
3. Ciptakan kemesraan hubungan dengan siswa

KOMPETENSI adalah kemampuan seseorang mengerjakan sesuatu  berdasarkan Knowledge, Skill, dan Attitude.

KOMPETENSI PENDIDIK:
1. kompetensi pedagogik
2. kompetensi profesional
3. kompetensi kepribadian
4. kompetensi sosial

Kompetensi Pedagogik diantaranya:
1. kemampuan menyiapkan mata pelajaran
2. kemampuan mengajar
3. kemampuan mengevalua si
4. tindak lanjut (follow up)

TEKNIK TUTORIAL /MENDIDIK
1. Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan
2. tumbuhkan keberanian peserta didik mengeluarkan pendapat, seperti tanya jawab, curahpendapat, dll.
3. laksanakan KBM dengan terencana:
    - tentukan topik
    - siapkan alat peraga
    - kuasai materi
    - tentukan metode dan langkah-langkah mengajar
4. laksanakan analisa /follow up

Catatan: Never blame your students.

MATERI UJI untuk penguji kompetensi:
1. Accuracy
2. Vocabulary
3. Fluency
4. Performance

KIAT
1. Pencapaian daya serap / kurikulum
2. Peserta didik sibuk dan gembira (ECAFE learning)
    ECAFE = English Communication for Fun and Enjoyable)
3. Mengajar bervariasi
4. Siswa adalah subjek dan objek pendidikan
5. Langkah-langkah pembudayaan siswa:
    a. instruction/observation
    b. imitation
    c. reinforcement (penguatan / lakukan berulang-ulang)
    d. internalization (pembiasaan)
    e. spontaneous

    -


0 comments:

Post a Comment